DINAS DIKPORA KOTA BIMA MELAKSANAKAN PENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PELATIHAN KOMPETENSI PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Bima bekerjasama dengan Balai Guru Penggerak Provinsi Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan kegiatan pelatihan kompetensi pengelolaan administrasi sekolah bagi para tenaga kependidikan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 21 hingga 23 Juni 2024, di Wisma Disiplin Balai Guru Penggerak Provinsi NTB.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bima dengan membekali para tenaga kependidikan, bendahara, dan operator sekolah jenjang SD dan SMP dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam mengelola administrasi sekolah secara efektif dan efisien.

Acara pembukaan dihadiri oleh beberapa pejabat penting, di antaranya Kepala Disdikpora Kota Bima Drs. Supratman, M.AP, perwakilan Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi NTB Ari Dahfid, MH., perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Lombok Tengah M. Ikhwanul Fiaturrahman, SH, MH., dan perwakilan Kepala BPMP Provinsi NTB Bapak Akhmad Sudirman, S.Si, M.Ed.

Dalam sambutannya, Ari Dahfid memberikan ucapan selamat datang bagi peserta dan panitia, beliau juga menyampaikan terkait 5 fungsi utama tenaga kependidikan (PTK) berdasarkan Undang-Undang Sisdiknas, diantaranya : Pengadministrasian, Pengelolaan, Pengawasan, Pelayanan teknis, Pengembangan diri.

Lebih lanjut, Kepala Disdikpora Kota Bima Drs. Supratman, M.AP., menekankan pentingnya memahami dasar hukum dalam pelaksanaan tugas. Beliau berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi para peserta dalam mengelola administrasi sekolah secara efektif dan efisien, sehingga berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di Kota Bima.

Para peserta pelatihan mendapatkan berbagai materi yang relevan dengan pengelolaan administrasi sekolah, termasuk:

  • Pengelolaan Keuangan Daerah Sesuai dengan aturan
  • Perencanaan di tingkat satuan pendidikan
  • Materi lain yang relevan terkait peningkatan kompetensi PTK

Pelatihan ini merupakan langkah strategis Disdikpora Kota Bima dalam mewujudkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Bima. Dengan meningkatkan kompetensi para tenaga kependidikan, diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menghasilkan generasi muda yang berprestasi.